TP-PKK Kabupaten Bekasi Luncurkan Gerakan Berani Bencana

0
0

LINIBERITA.ID, CIKARANG PUSAT – Tim Mobilisasi PKK Kabupaten Bekasi meluncurkan Gerakan Keluarga Tanggap Bencana dan Ketahanan Bencana (Gagah Bencana) yang dihadiri oleh pemerintah daerah dan kecamatan Kabupaten Bekasi, di Gedung Swatantra Wibawamukti Kompleks Pemerintah Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat , Kamis (20/10)/22).

Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi, Ria Sabaria Dani Ramdan mengatakan, “Gagah Bencana” merupakan gerakan PKK dari tingkat pusat hingga desa dan desa, untuk membentuk individu, keluarga dan masyarakat yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana.

“Melalui gerakan ini, diharapkan setiap keluarga waspada terhadap risiko bencana dan tanggap serta tangguh dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bekasi Dani Ramdan yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membentuk keluarga tahan bencana. Mulai dari pendidikan keluarga, membuat rencana kontinjensi bencana , melakukan pelatihan di tingkat keluarga dan mengetahui bencana apa saja yang terjadi.

“Pertama, keluarga harus mengetahui risiko bencana di rumah dan sekitarnya, seperti banjir, tanah longsor atau kebakaran. Setelah itu mereka harus mengetahui langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan,” katanya.

Dani Ramdan mengatakan, dalam rencana kuota, ada pengaturan siapa melakukan apa, seperti ayah dan ibu dan anak berbagi tugas dan selalu kompak.

“Selanjutnya membuat simulasi di rumah, minimal setahun sekali, dan bisa melakukan evakuasi mandiri dalam menghadapi bencana,” jelasnya.

Bupati Bekasi Pj memerintahkan dinas terkait untuk aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam pencegahan bencana.

“Saya sampaikan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Kabupaten Bekasi untuk banyak mengadakan sosialisasi pencegahan bencana di masyarakat, karena ketika terjadi bencana bukan hanya instansi yang mengandalkan, tapi bagaimana masyarakat bisa mengatasi bencana tersebut,” dia berkata. (red)