Puskesmas Mekarmukti Ingatkan Masyarakat Jaga PHBS Saat Musim Hujan

0
4

LINIBERITA.ID, CIKARANG UTARA – Puskesmas Mekarmukti menghimbau kepada seluruh warga masyarakat sekitar untuk menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) saat musim hujan. Langkah ini agar masyarakat terhindar dari penyakit seperti diare dan penyakit kulit yang biasa muncul di musim hujan.

“Ya, penyakit diare dan penyakit kulit biasanya yang paling terkena dampak bencana banjir,” kata Kepala Puskesmas Mekarmukti Firman saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/10).

Meski begitu, Firman mengakui ada beberapa jenis penyakit yang menurun atau menurun di musim hujan. Diantaranya adalah demam berdarah atau demam berdarah karena air hujan dapat membersihkan jentik nyamuk Aedes Aegypti

“Karena banjirnya menggenangi dan bersih, tapi tetap kami selalu pantau di wilayah kami,” ujarnya.

Meski begitu, Firman meminta agar masyarakat menjaga PHBS dengan membiasakan perilaku hidup sehat berdasarkan kesadaran sendiri. Pasalnya, semua perilaku kesehatan yang dilakukan tanpa kesadaran diri akan menular ke anggota keluarga.

“Keluarga dapat membantu diri sendiri dalam bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Firman menyarankan agar masyarakat dapat mengkonsumsi berbagai makanan, minum tablet dengan tambahan darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberikan bayi dan balita kapsul Vitamin A.

“Mengenai kesehatan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan,” ungkapnya. (red)