Program Pamsimas, Ditinjau Pj Bupati Bekasi bersama Kadis SDA-BMBK

0
3
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDA-BMBK) Kabupaten Bekasi Henri Lincoln meninjau pembangunan jaringan distribusi dan sambungan rumah (SR) program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Bekasi, liniberita.id – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDA-BMBK) Kabupaten Bekasi Henri Lincoln meninjau pembangunan jaringan distribusi dan sambungan rumah (SR) program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Perumahan Villa Makmur 2 Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun selatan, beberapa waktu lalu.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan bahwa pemerintah daerah melalui dinas (SDA-BMBK) pada tahun ini melaksanakan pembangunan jaringan distribusi dan Sambungan Rumah (SR) sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

“Kami meninjau proyek pembangunan Pamsimas yaitu penyediaan air minum berbasis masyarakat yang berdiri tepat di area fasilitas sosial dan fasilitas umum atau (fasos-fasum) masjid nurul huda, program ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” jelasnya.

Dani Ramdan menjelaskan program Pamsimas ini ditujukan bagi permukiman yang belum terakses layanan pipa PDAM.

Selain itu, dengan program penyediaan air minum berbasis masyarakat ketersediaan air bersih bisa tercukupi dan sebagai pendukung kesehatan masyarakat.

“Nantinya sambungan air akan menuju kepermukiman warga yang belum terakses layanan PDAM, karena memang PDAM masih minim kapasitasnya terutama dari sisi jaringan perpipaan-nya, salah satu solusinya membuat sumur seperti ini,” tambahnya.

Pembangunan jaringan distribusi dan sambungan rumah (SR) program penyediaan Pamsimas di Perumahan Villa Makmur 2 ini pengerjaannya telah dimulai pada tanggal 26 Juli 2023, yang ditargetkan akan rampung pada tanggal 23 Oktober 2023 mendatang atau sekitar 120 hari kalender.

Pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah (SR) terdapat di 2 RW yaitu RW 29 dan RW 31, Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan dengan kapasitas 18 meter kubik di tiap menara distribusi dengan pipa HDPE, serta total 200 sambungan rumah.

“Harapan saya nanti sumur ini dikelola oleh masyarakat dan untuk pemeliharaannya juga karena tersedia pompanya dan pipa-pipa yang harus dipantau agar kemanfaatannya bisa jangka panjang, dengan terpenuhinya air bersih kesehatan masyarakat bisa meningkat semoga selesai sesuai rencana dan bisa dimanfaatkan masyarakat,” harapnya. (Red).