Kenal Pamit Kapolsek Tambun

0
3

Bekasi, liniberita.id – Polsek Tambun menggelar acara Kenal Pamit Kapolsek Tambun dari Kompol Stanlly Soselisa, S.I.K. MH kepada Kompol Sutirto, S.H MH. MM., Selasa (12/12/2023) malam.

Dalam sambutannya, Kompol Stanlly mengungkapkan kesannya selama kurang lebih 11 bulan menjabat.

“Pertama kali saya datang di sini langsung disambut banjir di mana-mana. Puji syukur, karena sinergitas antar stakeholder yang baik, sama-sama permasalah itu terselesaikan,” ungkapnya.

Selanjutnya, tidak lupa Kompol Stanlly pun menjabarkan situasi yang nantinya harus dihadapi Kompol Sutirto ketika menjalani tugasnya di Polsek Tambun.

Kata Stanlly, Polsek Tambun saat ini mempunyai 85 personil. Namun begitu, Polsek Tambun adalah salah satu Polsek dengan wilayah tugas terluas dan terpadat penduduknya se- Asia.

“Polsek Tambun memiliki area tugas di 17 desa dan 1 kelurahan, 1600 RT, serta 715 ribu jiwa penduduk dengan luas wilayah 6 juta hektar. Ini tugas yang cukup berat,” katanya.

Di tengah beratnya tanggungjawab tersebut, Stanlly mengaku telah melaksanakan sejumlah program selama menjabat, semisal Jumat Curhat dan Rakor di tingkat RT/RW.

Selain itu, jajarannya pun menginisiasi program “Alarm Kamtibmas”. “Hasilnya, sekarang ini peringkat kriminalitas di wilayah Tambun turun menjadi ranking 3,” jelas Stanlly yang kini menjabat posisi Kapolsek Kelapa Dua, Tangerang.

Alarm Kamtibmas dikirim ke seluruh masyarakat melalui jaringan pesan singkat, Whatsapp. “Alarm ini sebagai bukti, kalau TNI dan Polri tidak pernah menyerah menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat,” imbuhnya.

Pun sebagai komando di wilayah, Stanlly merasa memiliki tanggungjawab yang melekat. “Sebenarnya berat bagi saya meninggalkan Polsek Tambun. Namun sebagai prajurit, kami harus siap melaksanakan tugas di mana pun berada,” ujar dia.

Oleh karena itu, dia mendoakan, mudah-mudahan Tambun akan semakin baik dan sukses di bawah kepemimpinan Kompol Sutirto.

Ketua Panitia Acara, Mewakili Polsek Tambun, Wakapolsek Tambun Akp. Romli juga mengaku berat melepas Kompol Stanlly.

“Sebab selama ini, berkat kepemimpinan beliau, dan tentu dengan dibantu unsur tiga pilar; yakni para tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI dan Pemerintah Daerah, wilayah Tambun Selatan dan Tambun Utara menjadi lebih baik juga kondusif,” katanya.

Sementara itu, Camat Tambun Selatan, Sopian Hadi, MM., menyambut baik kedatangan Kompol Sutirto. “Mudah-mudahan kita bisa terus bersinergi dan menciptakan Tambun Selatan yang aman dan damai,” ucapnya.

Harapan yang sama juga terlontar dari Camat Tambun Utara, H. Najmuddin. Namun dirinya menekankan sejumlah pekerjaan yang belum tuntas dan berharap dapat diselesaikan di era Kompol Sutirto.

“Pertama, yaitu Polsek belum pisah. Padahal kami sudah menyiapkan lahan sekitar 6 hektar milik Pemda Kabupaten Bekasi di wilayah Sriamur, tinggal dibangun saja,” ungkap Najmuddin.

Tapi sudah tiga tahun diajukan belum juga ada realisasi. Padahal, menurutnya, utusan dari Polres beberapa kali melakukan cek ke lokasi. Kemudian, angka kriminalitas di Tambun Utara juga tercatat masih tinggi.

“Meski demikian, orang Tambun Utara masih bisa diatur, mudah-mudahan sinergi kita bisa menjaga kondusivitas pada Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Terkait kondusivitas masa Pemilu, Danramil 01 Tambun Mayor Inf. Pardi mengajak jajaran Polsek Tambun untuk memperkuat sinergitas “Tiga Pilar”.

Sebagai bentuk komitmen, dirinya menekankan, bahwa Koramil 01 Tambun akan membentuk Mitra Jaya di Tambun Selatan dan Tambun Utara.

“Tujuannya untuk menjalin sinergi dengan Pokdarkamtibmas, Muspika dan Muspikel,” tegasnya.

Ia berharap, dengan sinergitas yang terjalin, kondusivitas akan tercapai. Persatuan dan kesatuan dapat terjaga pada Pemilu 2024 mendatang.

“Selamat bertugas kepada Kompol Sutirto, mari jalin kolaborasi yang baik untuk kemajuan Tambun Selatan dan Tambun Utara. Kepada Kompol Stanlly, semoga meraih kesuksesan di tempat yang baru,” ujar Mayor Inf. Pardi.

Diwawancarai usai acara, Kapolsek Tambun Kompol Sutirto berharap kehadirannya dapat memperkuat sinergitas yang sudah terjalin baik.

“Mari kita bersinergi, berbeda boleh tapi kita harus saling menghargai. Tinggalkan ego sektoral,” kata Kompol Sutirto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Beiji – Depok selama 14 bulan itu.

Ia pun menekankan pentingnya menjaga kondusivitas di wilayah Tambun menjelang Pemilu 2024. “Harus digarisbawahi, bahwa Tambun Selatan dan Tambun Utara adalah rumah yang harus dijaga bersama-sama,” pungkasnya penuh penekanan.

Sebagai informasi, hadir dalam acara, Kepala MUI Tambun KH. Dede Ismail, Forkompimcam, dan kepala desa se-Tambun Selatan serta Tambun Utara. Nampak pula perwakilan mitra Polsek Tambun, antara lain dari RS Karya Medika dan PT Mekar Armada Jaya (New Armada).(Gdm)