Turunkan Angka Stunting, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Serahkan Bantuan di Warga Tambun Utara

0
1
Dinas Pertanian bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menyerahkan bantuan bagi anak-anak stunting.

Kabupaten Bekasi, liniberita.id – Dinas Pertanian bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menyerahkan bantuan bagi anak-anak stunting yang ada di wilayah Kecamatan Tambun Utara, pada Jum’at (15/12/2023). Bantuan tersebut berupa susu kemasan, telur secara simbolis ke Camat Tambun Utara dan selanjutnya disalurankan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian yang mewakili dari PMI Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid mengatakan, pemberian bantuan ini dilakukan selama dua bulan sebagai BAAS yang dimana diwilayah Kecamatan Tambun Utara ada 62 anak balita stunting mengalami gangguan pada pertumbuhannya.

“Alhamdulillah kami sebagai Liaison Officer (LO) dapat membantu untuk menurunkan angka stunting yang ada di wilayah Kecamatan Tambun Utara dengan memberikan asupan makanan yang bergizi untuk balita dan nanti kita siapkan juga berupa beras,” ujarnya.

Dia berharap, dengan kolaborasi dan komitmen bersama baik dari pemerintah daerah, stakeholder yang lain, maupun peran dari swasta agar dapat membantu untuk berupaya mempercepat penurunan angka stunting.

“Mudah-mudahan dengan kontribusi dan kerjasama yang baik bisa menurunkan angka stunting dan tidak bertambah lagi, sehinga kita fokus untuk asupan gizi maupun pertumbuhan berat badannya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Tambun Utara, Najmuddin menyampaikan terimakasih dengan adanya LO pada BAAS dari Dinas Pertanian maupun PMI Kabupaten Bekasi yang ikut andil dalam memberikan bantuan untuk menangani stunting.

“Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan dari LO Dinas Pertanian dan PMI Kabupaten Bekasi dalam penurunan angka stunting di wilayah Kecamatan Tambun Utara,” ujarnya.

Najmuddin menjelaskan, stunting yang ada di Tambun Utara awalnya berjumlah 300 anak balita dan diverifikasi ulang dengan data yang ada di Puskesmas, kecamatan, desa, UPTD KB dan lainnya.

“Alhamdulillah kita hari ini ada 62 anak balita yang stunting, mudah-mudahan dengan adanya tim LO pada BAAS bisa lebih menurun lagi,” ucapnya.

Dia menghimbau, kepada masyarakat agar diperhatikan gizi dan asupan makanan yang sehat untuk anak balitanya baik masih dalam kandungan maupun sudah melahirkan.

“Ya, ini sangat penting untuk pertumbuhan pada anaknya, kalau asupan gizi dan asupan makanan yang sehat bernutrisi insyaallah tidak akan terjadi stunting,” terangnya. (Ni).